This is default featured slide 2 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. Read More

This is default featured slide 3 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. Read More

This is default featured slide 4 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. Read More

 

SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

Kehadiran Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah cita-cita yang telah lama mengakar dalam diri masyarakat Serumpun Sebalai. Ide pembentukan UBB makin mengemuka seiring pembentukan Provinsi Bangka Belitung pada Tahun 2002. UBB semacam pre Determinant dari pembentukan Provinsi. Impian yang telah dipetakan jauh-jauh hari sebelumnya, tepatnya pada tahun 2000 yang lalu.

SYMBOL KAMPUS TERPADU UBB

Universitas Bangka Belitung resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006. Pendirian ini berbekal Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 52/ D/O/ 2006 tertanggal 12 April 2006. Pendirian UBB merupakan hasil penyatuan dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). Ketiga lembaga tinggi ini sebelumnya memang telah lama berdiri di kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung.

Status UBB secara de yure adalah pemilikan masyarakat, sedangkan secara de fakto bisa dikatakan pemilikan Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kotamadya sebagai penyangga utama. Selain itu dukungan dari Perusahaan PT. Timah Tbk juga cukup besar yang juga memiliki ikatan emosional langsung dengan salah satu cikal bakal UBB (Polman Timah_red).

VISI UBB

“Menjadi lembaga pendidikan yang unggul didasari keunggulan intelektual, mental, dan moral untuk membangun peradaban lokal dan global.”

MISI UBB

1.Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan mengintegrasikan kemampuan intelektual, mental, dan moral.
2.Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan kini dan mendatang.
3.Meningkatkan kualitas perguruan tinggi agar mampu bersaing dalam tatanan lokal dan global.
4.Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu memberdayakan semua potensi kemanusiaan  secara berkesinambungan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

TUJUAN UBB

Membangun program pendidikan yang membangun kemampuan   intelektual, mental, dan moral secara terintegrasi.
Mengembangkan program pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang handal baik akademik maupun profesional
Mengembangkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang terintegrasi dalam proses pendidikan
Mengembangkan pendidikan yang berwawasan lingkungan yang dapat menjadi percontohan di asia pasifik.
Mengembangkan pusat kajian maritim yang bertaraf internasional melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengembangkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

LOGO UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

Universitas Bangka Belitung memiliki logo, merupakan satu-satunya lambang yang berlaku dan mencakup keseluruhan dinamika kehidupan keilmuan di UBB, yang bagian-bagian pentingnya terdiri atas tiga batang pena berdiri tegak yang terbuat dari timah dan bermata pena emas; kubah pelindung, bulatan dunia, dan/atau topi toga kebesaran akademik; samudera yang dalam dan luas yang tergambar dalam lima lapisan.

PEMAHAMAN FILOSOFINYA DIGAMBARKAN SEBAGAI BERIKUT :

a.Tiga batang pena yang berdiri tegak melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia yang didasari oleh tiga nilai keunggulan visi UBB : Intelektualitas, Moralitas dan Mentalitas yang tinggi, menembus batas-batas kelokalan untuk menggapai peradaban kemanusiaan yang mendunia.
b.Tiga batang pena terbuat dari timah melambangkan sejarah masa keemasan timah sejak berabad-abad yang lampau. Mata Pena Emas melambangkan kejayaan masa depan bagi kehidupan kemanusiaan.
c.Samudera yang luas dan dalam melambangkan persepsi manusia tentang keluasan dan kedalaman ilmu pengetahuan. Persepsi manusia itu memperoleh signifikansinya dikala dihadapkan kepada kekuasaan Tuhan, karena dengan tinta seluas dan sedalam samudera pun tidaklah cukup untuk menulis keseluruhan ilmu pengetahuan yang dikaruniai oleh-Nya. Kelima lapisan samudera melambangkan kelima sila dasar Negara Republik Indonesia yang kita cintai.
d.Bulatan kubah pelindung adalah lambang kerendahan hati. Betapapun tinggi cita-cita yang ingin diraih, namun pada akhirnya tiba pada keterbatasan kemanusiaannya sendiri. Kebijakan atas landasan kebijaksanaan menuntun UBB meraih cita-citanya.
e.Bulatan menggambarkan juga bola dunia yang melambangkan visi UBB yang ingin melepaskan diri dari keterbatasan lokal, tetapi tetap berlandaskan pada nilai-nilai lokal yang mulia.
f.Bulatan juga menggambarkan topi toga kebesaran akademik. Simbol ini melambangkan kebesaran dan kemuliaan ilmu pengetahuan, yang dengan itu manusia mampu mencapai derajat kemanusiaan yang tinggi di muka bumi.
g.Warna dasar biru dan kuning melambangkan keluasan dan kedalaman, serta kemuliaan ilmu pengetahuan.

FAKULTAS TEKNIK

Fakultas Teknik saat ini telah menyelenggarakan Program Studinya dengan beberapa Jurusan Sbb:

1.Teknik Mesin
2.Tehnik Elektro
3.Teknik Sipil
4.Teknik Pertambangan

FAKULTAS HUKUM

Fakultas Hukum di UBB, baru dapat menyelenggarakan 1 Program Study saja; yakni Ilmu Hukum dengan peminatan Ilmu Hukum Perdata dan Ilmu Hukum Pidana.

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

Seperti halnya Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di UBB juga baru menyelenggarakan satu Program Study yaitu Program Studi Sosiologi.

FAKULTAS EKONOMI

Fakultas Ekonomi UBB untuk saat ini baru menyelenggarakan Program Studi Ilmu Ekonomi dengan 2 Jurusan yaitu Jurusan Menejemen dan Jurusan Akuntansi.

FAKULTAS PERTANIAN PERIKANAN DAN BIOLOGI

Fakultas Pertanian Periklanan Dan Biologi UBB  terdiri atas 5  Jurusan sbb:

1.Agribisnis

Agroteknologi
Biologi
Menejemen Sumberdaya Perairan
Budidaya Perairan ( dulu D-III Perikanan)

FASILITAS & TEKNOLOGI

SARANA OLAHRAGA

STUDENT ACTIVITY

STUDENT CREATIVITY

OTHERS

PELEPASAN WISUDAWAN

SEMINAR/WORKSHOP

Others

SOSIALISASI BEASISWA BIDIKMISI

KANTIN/FOOD COURT UBB

GELIAT PEMBANGUNAN UBB TAHAP II

GEDUNG BARU

RENCANA LOKASI AUDITORIUM

VIEWS OF UBB

Others

TERIMA KASIH

Leave a Reply